Jakarta Pencak Silat National Championship (JKTC) 2022 dengan Total 3.499 Peserta Dibuka Resmi Raden Isnanta, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga

Loading

Jakarta — Kejuaraan Pencak Silat bertajuk Jakarta Pencak Silat National Championship (JKTC) 2022 digelar di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (15/10/2022)

Kejuaraan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sejak Jumat (14/10) sampai dengan Minggu (16/10) dan diikuti oleh peserta tingkat SD : 1.640 pesilat, SMP : 1.365 pesilat dan SMA sebanyak 494 pesilat dengan total peserta mencapai 3.499 pesilat mulai dari jenjang usia dini hingga usia dewasa.

Adapun peserta yang mengikuti Kejuaraan JKTC 2022 berasal dari berbagai daerah, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Bahkan 1 (satu) orang peserta berasal dari luar negeri, yakni Negara Ceko.

Dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta, pada Sabtu pagi (15/10) menyampaikan dukungan kepada pelaksanaan JKTC 2022 karena banyaknya antusiasme yang mengikuti Kejuaraan cabang olahraga asli dari bangsa Indonesia ini. Isnanta juga menyampaikan apresiasinya untuk Kejuaraan JKTC 2022 karena turut mendukung program pemerintah melalui pembudayaan olahraga pada cabor Pencak Silat yang ditargetkan dapat dipertandingkan di Olimpiade sekaligus cabor prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang tertuang dalam payung hukum Perpres No.86 Tahun 2021. “Pencak silat tidak hanya milik Indonesia, tetapi sudah menjadi milik dunia. Karena pencak silat sedang diperjuangkan menuju Olimpiade. Selain mengajarkan sportifitas, pencak silat juga membentuk karakter, bugar secara jasmani dan rohani.” jelas Isnanta.

Membenarkan yang disampaikan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Tunas Dwidharto, Wakil Ketua PB IPSI juga menegaskan bahwa ajaran pencak silat memiliki nilai budi pekerti luhur, persaudaraan dan solidaritas sesama ksatria pencak silat. “Dalam pencak silat memiliki nilai seni dan budaya, nilai luhur, nilai ksatria dan sportifitas. Karena kemenangan perlu dicari, tetapi persaudaraan adalah yang paling utama. Dengan solidaritas, kita bersama membangun cabor asli Indonesia ini menuju Olimpiade,” tutur Tunas.

Adapun tujuan dari kegiatan ini selain aspek pencak silat dari segi prestasi olahraga dan pengembangan para atlet di event JKTC, juga sebagai olahraga rekreasi yang membuat anak-anak menjadi fun dan rileks serta disenangi dalam mengikuti kompetisi pertandingan cabang olahraga pencak silat.

Target pelaksanaan kejuaraan pencak silat yaitu bisa lebih memasyarakat yang akhirnya mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi di level nasional maupun internasional.

Hadir pada pembukaan JKTC 2022 Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Eko Nugriyanto, Ketua I Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Dedi Suryadi dan Analis Sub Koordinator Urusan Kerjasama Keolahragaan Dispora DKI Jakarta, Tomi Ari Sadewo. (-panpel JKTC 2022-)

Reporter: MELKY SERIGALA

Share dan Like
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
Pikiran Anda tentang artikel ini, Silakan komentar.x
()
x